3 Manfaat Donor Darah Untuk Kesehatan

Mendonorkan darah tidak hanya menjadi sikap yang mulia karena dapat membantu nyawa orang lain, namun ada manfaat donor darah bagi kesehatan kita, termasuk checkup kesehatan dan analisis darah. Lalu, apa saja manfaat tersebut?

1. Mencegah penyakit jantung
Penyebab utama penyakit kardiovaskular adalah kekentalan darah yang tidak teratur. Hal ini disebabkan oleh kandungan besi yang berlebihan di dalam darah yang mengakibatkan kerusakan oksidatif yang berlebihan dan kerusakan pembuluh darah serta arteri, yang kemudian mengakibatkan penyakit jantung. Mendonorkan darah akan mengurangi risiko serangan jantung dan stroke secara signifikan karena zat besi oksidatif dihapus dari tubuh dan mengatur kualitas darah dalam tubuh.

2. Membakar kalori
Satu kali mendonorkan darah akan membakar sekitar 650 kalori. Oleh karena itu, mendonorkan darah juga sangat baik untuk mengontrol berat badan. Namun ini tidak berarti menjadi cara yang dapat dilakukan terus menerus untuk menurunkan berat badan. Untuk mendonorkan darah juga sebelumnya berat badan kita harus diperiksa dan harus memiliki hemoglobin serta zat besi yang sehat.

3. Mengurangi risiko kanker
Donor darah dapat mengurangi risiko kanker karena kanker dikaitkan dengan kadar besi yang berlebihan di dalam tubuh yang bertanggung jawab untuk peningkatan kerusakan akibat radikal bebas dalam tubuh. Dengan mendonorkan darah, maka kelebihan zat besi akan dikeluarkan dari tubuh yang kemudian memungkinkan risiko kanker juga berkurang.

Itulah 3 manfaat donor darah bagi kesehatan kita. Jadi, jangan ragu untuk mendonorkan darah, ya!

0 Response to "3 Manfaat Donor Darah Untuk Kesehatan"

Poskan Komentar