Bahaya Tidur Lebih dari 9 Jam Sehari

Kurang tidur bisa berakibat buruk bagi kesehatan. Para ahli kesehatan menyarankan orang dewasa untuk tidur 6-8 jam setiap hari agar organ-organ tubuh berfungsi baik juga menghindari terkena hipertensi, obesitas sampai penyakit jantung. Tapi tidur yang berlebihan, juga mendatangkan efek yang sama buruknya.

Bahaya Tidur Lebih dari 9 Jam Sehari
Tidur terlalu lama lebih dari sembilan jam semalam sama berbahayanya dengan merokok dan minum alkohol. Terlebih lagi jika diikuti dengan gaya hidup tidak sehat seperti terlalu banyak duduk dan kurang beraktivitas fisik.

Studi yang dilakukan University of Sydney menunjukkan adanya bahaya permanen yang akan muncul apabila seseorang terlalu lama banyak duduk dan tidur. Dr Melody Din, peneliti senior yang juga bertindak sebagai pelaku penelitian mengungkapkan bahwa terlalu banyak tidur, duduk dan kurang olahraga adalah tiga hal yang bisa membahayakan kesehatan.

Tidur kurang dari tujuh jam semalam juga bisa meningkatkan risiko kematian dini, jika diikuti juga dengan kebiasaan merokok dan minum alkohol. Maka dari itu Profesor Adrian Bauman yang juga bertugas menulis penelitian menyarankan para praktisi kesehatan untuk mulai membuat sebuah program.

“Pesan dari penelitian ini untuk para dokter, perencana dan peneliti tentang kesehatan adalah jika kita merancang sebuah program kesehatan untuk kepentingan publik maka seharusnya difokuskan pada beberapa faktor yang jika digabungkan bisa membahayakan kesehatan,” tuturnya.

Seperti diketahui, penyakit tidak menular seperti jantung, diabetes dan kanker kini membunuh lebih dari 38 juta orang di seluruh dunia. Penyakit yang disebabkan gaya hidup tak sehat ini, bisa menyebabkan kematian lebih banyak ketimbang penyakit yang terinfeksi atau menular.

0 Response to "Bahaya Tidur Lebih dari 9 Jam Sehari"

Poskan Komentar