Ternyata Kaki Bisa Deteksi Masalah Kesehatan

Ternyata Kaki Bisa Deteksi Masalah Kesehatan
Sumber: pixabay.com
Tubuh memiliki banyak organ tubuh yang bisa menjadi indikator terkait masalah yang terjadi pada tubuh kita. Dan kaki adalah salah satunya. Kaki bagi kebanyakan orang mungkin bagian tubuh yang jarang diperhatikan.  Apakah Anda mengetahui bahwa kaki bisa menjadi alat deteksi untuk masalah kesehatan kita?

Di dalam bentuk kaki yang kita pakai sebagai pijakan ternyata terdapat pembuluh darah serta saraf yang mengarah ke organ-organ vital, diantaranya otak, tulang belakang dan jantung. Sekedar pengetahuan saja, kaki memiliki 100 otot dan 33 sendi. Dan inilah beberapa ciri pada kaki yang bisa dijadikan alat deteksi apa masalah yang terjadi pada tubuh kita:

Kaki kering. Kondisi kaki yang sangat kering bisa menjadi tanda adanya penyakit arteri perifer. Ciri lain penyakit arteri perifer yang bisa diketahui melalui kaki, seperti pergelangan kaki mengkilap dan tumbuhnya bulu pada kaki.

Sering kram. Ada beragam nutrisi yang bisa pengaruhi otot, dan apabila otot dalam tubuh tidak terpenuhi nutrisinya bisa sebabkan kram pada kaki. Kekurangan kadar air bisa menjadi penyebab kram, tidak hanya air, magnesium, kalium dan kalsium juga bisa sebabkan kram. Kita mungkin sudah tahu apabila tubuh kekurangna ke empat nutrisi tersebut.

Kaki yang selalu merasa dingin. Kondisi kaki yang selalu terasa dingin adalah gejala tidak bekerjanya tiroid. Kelenjar tiroid ini menghasilakn hormon untuk mengatur metabolisme.

Luka pada kaki susah sembuh. Jelas luka yang susah untuk sembuh kemungkinan besar merupakan tanda diabetes. Diabetes yang merupakan penyakit akibat kadar gula dalam darah tinggi, bisa sebabkan kerusakan saraf, selain itu bisa juga menghambat aliran darah ke kaki. Sehingga luka pada kaki susah untuk sembuh.

Kuku kaki berwarna kuning. Kondisi kuku pada kaki yang menguning bisa disebabkan oleh jamur dan bisa juga tanda adanya masalah pada lymphedema dan pernapasan.

Terdapat garis merah di bawah kuku kaki. Apabila ada garis kemerahan di bawah kuku kaki, mungkin itu tanda adanya penyakit pada organ jantung.

0 Response to "Ternyata Kaki Bisa Deteksi Masalah Kesehatan"

Posting Komentar